10 Tempat Wisata Terbaik di Sumbawa

Sumbawa terletak di Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan dari tetangganya Lombok oleh Selat Alas. Pulau ini dipisahkan dari Pulau Komodo oleh Selat Sape dan Samudera Hindia di sisi selatan dan Laut Flores di utara. Sumbawa adalah pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat dan diberkahi dengan sederetan pemandangan spektakuler termasuk puncak Gunung Tambora yang juga merupakan gunung berapi yang masih aktif. Mari jelajahi tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi di Sumbawa.

1. Poto Tano

Poto Tano merupakan salah satu kawasan wisata andalan di Sumbawa yang sangat ramai.

Ini juga merupakan pintu gerbang ke Sumbawa karena Anda bisa naik feri dari Lombok yang akan membawa Anda ke Poto Tano.

Meskipun ini adalah kota pelabuhan, Poto Tano adalah salah satu yang tercantik di Indonesia dan Anda akan menemukan kota yang dikelilingi oleh perbukitan hijau giok dan perairan zamrud yang berarti kota ini menjadi hit bagi setiap fotografer yang ingin mendapatkan beberapa foto terbaik.

Di antara pantai berpasir di sini Anda juga akan menemukan daerah hutan tropis dan pada siang hari Anda dapat melihat Gunung Rinjani di Lombok.

2. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa di Sumbawa berbeda dengan Pulau Kenawa di Flores. Ini adalah salah satu tempat terindah di Sumbawa dan Anda akan menemukan hamparan pasir halus dan tanah rerumputan yang elegan.

Pulau ini tidak berpenghuni dan membentang seluas sekitar 15 hektar, tetapi Anda dapat datang ke sini dalam perjalanan sehari dan menikmati snorkeling di lepas pantai dengan melihat bintang laut, kuda laut, kepiting, dan kekayaan biota laut berwarna-warni lainnya.

Jika Anda ingin tinggal lebih lama di Pulau Kenawa maka Anda dapat berkemah di sini semalaman sebagai bagian dari tur terorganisir yang merupakan puncak dari perjalanan ke Sumbawa bagi banyak pengunjung.

3. Lakey

Lakey adalah salah satu tempat selancar terbaik di Sumbawa dan di sepanjang garis pantai di sini Anda akan menemukan berbagai tempat selancar bagus yang terkenal.

Salah satu kelebihan Lakey lainnya adalah, karena ia melihat berbagai wisatawan, itu lebih berkembang bagi pengunjung dan Anda dapat menemukan beberapa pilihan tempat makan yang solid di sini dan Anda bahkan akan menemukan beberapa bar pantai.

Oleh karena itu, jika Anda baru pertama kali ke Sumbawa dan ingin bersantai dengan lembut, ini adalah salah satu tempat terbaik untuk dipilih.

4. Pulau Moyo

Sekitar dua kilometer di sebelah utara pulau utama Sumbawa adalah Pulau Moyo.

Pulau ini adalah rumah dari Taman Nasional Pulau Moyo yang memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang keindahan alam yang terkenal di wilayah tersebut.

Terumbu karang khususnya sangat spektakuler di sini, jadi jika Anda suka menyelam, Anda akan mendapat suguhan terbaik.

Kembali ke darat, Anda dapat melakukan perjalanan melalui taman dan ada peluang bagus untuk melihat babi hutan dan kadal.

Pulau Moyo juga terkenal memiliki lebih dari 20 jenis kelelawar, jadi pecinta alam harus mampir ke sini untuk berkunjung ke Sumbawa.

5. Air Terjun Jereweh

Sumbawa adalah pulau yang dipenuhi air terjun dan salah satu yang paling menakjubkan dari semuanya adalah Air Terjun Jereweh.

Agak membingungkan, air terjun ini terkadang disebut sebagai Air Terjun Ai Koa atau Air Terjun Janup dan merupakan salah satu katarak paling menarik di Indonesia karena air terjun ini berbentuk tangga yang berarti air di sini menyembur menuruni lereng gunung dalam semburan bergerigi.

Air Terjun Jereweh terletak di luar Taliwang yang kebetulan merupakan ibu kota Sumbawa Barat dan merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di kawasan tersebut.

Pastikan untuk melihat pepohonan yang menjulang tinggi di sini dengan akarnya yang tebal yang membungkus bebatuan di sekitarnya.

6. Pantai Ai Manis

Pantai Ai Manis menjadi favorit para pelancong di Sumbawa dan terletak di Pulau Moyo yang lebih luas.

Salah satu alasan utama datang ke sini adalah menikmati bawah laut yang disediakan Pantai Ai Manis dan Anda akan menemukan terumbu karang warna-warni serta berbagai makhluk bawah laut yang lucu.

Pantai ini juga dikelilingi oleh hutan yang merupakan rumah bagi babi hutan dan rusa, jadi jika Anda memutuskan untuk tinggal di darat, Anda masih akan menemukan banyak hal untuk dilihat di sini.

7. Istana Dalam Loka

Terletak di pulau terbesar kedua di Sumbawa yaitu Sumbawa Besar, istana mantan sultan Sumbawa adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang sejarah daerah ini.

Istana ini berdiri sejak tahun 1885 dan dibangun pada masa Muhammad Jalaluddin Shah III yang merupakan sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.

Istana ini masih cukup mengesankan dan terbuat dari kayu dan merupakan salah satu bangunan paling ikonik di Sumbawa.

Dikatakan bahwa istana tersebut merupakan prestasi teknik yang luar biasa karena dibuat tanpa menggunakan paku, dan sebagai gantinya berdiri sebagai hasil dari rangkaian sambungan kayu yang unik.

8. Pantai Benete

Terletak di Sumbawa Barat, Pantai Benete adalah salah satu yang paling populer di daerah tersebut.

Pantai ini dekat dengan kawasan Tambang Batu Hijau, dan di sinilah Anda akan menemukan beberapa makanan laut terlezat di seluruh Sumbawa.

Pantai ini sedikit berbeda dari banyak pantai lainnya di daerah tersebut karena tertutup semacam pasir hitam yang merupakan hasil dari endapan mineral vulkanik.

Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan mencari restoran lokal kecil, memesan sepiring makanan laut panggang sederhana dan menyantapnya sambil menikmati pemandangan di seberang air.

9. Pantai Maluk

Maluk memiliki pantai yang cantik yang juga lebih menarik diberkati dengan ombak yang berdebar kencang.

Ombaknya mencapai ketinggian sekitar 2 meter dan desa Maluk di mana pantai berada juga merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi karena dipenuhi dengan warung lokal dan pemandangan rindang.

10. Air Terjun Mata Jitu

Di dalam Hutan Pulau Moyo terdapat Air Terjun Mata Jitu yang sudah lama anda dengar sebelum melihatnya.

Untuk sampai ke sini Anda perlu melakukan perjalanan melalui hutan dan air terjun dikatakan telah terbentuk jutaan tahun yang lalu bahkan sebelum daerah itu dihuni.

Air terjun ini memiliki empat bagian yang terhuyung-huyung dan ada tujuh kolam di sini yang dapat Anda gunakan untuk berenang dan melegakan diri setelah perjalanan panas untuk keluar ke lokasi.