10 Air Terjun Menakjubkan di Filipina

 Oct, 04 - 2019   Wisata Alam


Dengan sejarah yang menarik, beragam geografi, makanan lezat, dan orang-orang yang ramah, Filipina dalam banyak hal merupakan surga pulau bagi para wisatawan dari seluruh dunia yang cukup beruntung untuk dikunjungi.

Meskipun pengunjung pantai, pecandu makanan, dan penggemar sejarah biasanya tidak mencari air terjun, mungkin mereka harus melakukannya, karena Filipina penuh dengan air terjun, dan banyak dari mereka berada di dekat tempat-tempat di mana mereka akan berada.

Di bawah ini adalah daftar 10 air terjun yang menakjubkan di Filipina.

1. Air Terjun Limunsudan

Jika 900 kaki terdengar seperti air terjun besar menurut standar Anda, maka perjalanan ke Air Terjun Limunsudan di daerah Iligan City yang kaya air terjun harus sesuai rencana perjalanan Anda. Beberapa mengklaim bahwa Air Terjun Limunsudan adalah yang terbesar, sementara yang lain mengklaim ada air terjun yang bahkan lebih besar. Apa pun masalahnya, mereka cukup besar untuk mengesankan kedua pihak.

Air terjun terdiri dari dua tingkatan yang berbeda, dan karena lokasinya yang terpencil dan sulit diakses, mereka tidak berada di radar sebagian besar wisatawan. Jika Anda ingin pergi, habiskan sedikit waktu untuk bertanya-tanya di kota, karena banyak penduduk setempat bahkan tidak menyadarinya.

2. Air Terjun Aliwagwag

Air terjun Filipina lainnya yang bersaing untuk raja air terjun yang kontroversial dan disengketakan adalah Air Terjun Aliwagwag di Cateel, Davao Oriental. Dengan ketinggian hampir 1.000 kaki, ini besar menurut standar apa pun. Seolah itu tidak cukup, itu terdiri dari lebih dari 120 tetes atau air terjun individu, ketika dilihat bersama-sama, benar-benar luar biasa.

Jangan khawatir melihat semuanya; satu sama mengagumkan seperti yang berikutnya. Jadi, setelah Anda melihat segelintir orang, temukan yang cocok untuk Anda dan berenang atau mengambil beberapa foto. Ada jembatan di seberang jalan dekat bagian bawah yang akan membawa Anda langsung ke air terjun. Dari Cateel, air terjun adalah perjalanan yang mudah, meskipun sampai ke Cateel akan menjadi bagian tersulit dari Cateel.

3. Air Terjun Tinuy-an

Dijuluki ‘Air Terjun Niagara Kecil di Filipina’, Air Terjun Tinuy-an di Kota Bislig, Surigao del Sur adalah salah satu yang terluas di negara ini. Meskipun tidak setinggi air jatuh Filipina lainnya, begitu Anda melihat skala mereka Anda tidak akan peduli.

Lebar mereka hampir 300 kaki dan tinggi 180 kaki. Karena banyak tetes, mereka terlihat seperti selembar air putih dan membuat pelangi hampir setiap pagi dari 9 hingga 11 saat sinar matahari menembus kabut musim gugur. Air terjun ini dikelola oleh kemitraan antara masyarakat adat dan pemerintah daerah, jadi pastikan untuk meninggalkan daerah tersebut tepat seperti yang Anda temukan.

4. Air Terjun Tamaraw

Bagi mereka yang tinggal di kekacauan Manila yang padat, Air Terjun Tamaraw adalah tujuan akhir pekan untuk memulihkan kewarasan seseorang. Dengan ketinggian hanya 400 kaki, air terjun ini adalah monumen yang megah untuk keindahan dan kekuatan alam.

Air terjun terdiri dari banyak tetes kecil yang bertemu di kolam di bagian bawah, yang merupakan tempat yang bagus untuk berenang. Tapi kenyamanan dan kemegahan itu harus dibayar mahal: air terjun dapat dikemas secara menjengkelkan selama masa puncaknya. Jika Anda ingin menghindari keramaian sama sekali, coba kunjungi selama seminggu atau di musim sepi.

5. Air Terjun Tinago

Kota Iligan terkenal dengan air terjunnya dan di antara semua kompetisi, Air Terjun Tinago adalah salah satu yang paling indah dan sering dikunjungi. Terletak di Sungai Agust di pulau Mindanao di Filipina selatan, Air Terjun Tinago terdiri dari lima individu jatuh – atau tingkatan – dan mencapai ketinggian 240 kaki ke kanopi hutan di sekitarnya, membuat mereka tampak seperti peninggalan yang belum ditemukan dari zaman dahulu.

Air Terjun Tinago penuh dengan pengetahuan lokal yang mengerikan, tetapi ketika Anda melihat kolam berkilauan memberi isyarat di bawah air terjun tipis, Anda tidak akan peduli sedikit pun. Ada jejak lintasan yang mengarah dari jejak utama yang cocok untuk segala usia.

6. Air Terjun Alalum

Pendakian ke Air Terjun Alalum dekat Sumilao di barat laut negara ini akan membuat Anda merasa seperti sedang merintis jalan setapak yang belum dipetakan melalui Hutan Hujan Amazon atau interior Afrika. Pada sekitar 150 kaki, air terjun tersembunyi di antara dedaunan hijau hutan sekitarnya dan mengalir dalam aliran yang stabil ke kolam.

Ada area tampilan buatan di mana pengunjung dapat melihat air terjun dan lanskap sekitarnya dengan baik. Bagi mereka yang ingin melihat lebih dekat dan tidak keberatan bekerja dengan busa yang baik, ada serangkaian langkah yang relatif baru dan mudah yang mengarah ke pangkalan musim gugur.

7. Air Terjun Maria Cristina

Kota Iligan dikenal sebagai Kota Air Terjun Majestic karena alasan yang baik. Jika Anda telah memperhatikan, itu adalah nama yang harus membunyikan lonceng, karena merupakan rumah bagi sebagian besar Filipina. Menjulang lebih dari 300 kaki di atas kanopi hutan dan Sungai Agus, air terjun ini sering disebut sebagai Air Terjun Kembar, karena batu di dekat pangkalan membagi air yang jatuh menjadi dua aliran yang berbeda.

Terletak 20 menit di luar kota, air terjun adalah sumber listrik untuk wilayah ini. Karena arus yang kuat dan pembangkit listrik tenaga air di dekatnya, berenang menjadi terlarang. Air terjun paling menakjubkan ketika operator membiarkan air mengalir dengan bebas.

8. Air Terjun Mimbalot

Kota Iligan dan daerah sekitarnya di Mindanao seperti magnet bagi para petualang dan eko-turis yang ingin berkomunikasi dengan alam dan keluar dari jalur yang sulit. Air Terjun Mimbalot hanyalah salah satu dari banyak air terjun di daerah ini dan ditemukan di dalam Iligan Paradise Resort.

Resor pribadi ini menawarkan tur air terjun serta zip-lining dan kolam renang reguler jika itu lebih cepat. Mendaki di sekitar air terjun tidak apa-apa, tetapi bebatuannya bisa licin dan agak berbahaya, sehingga tidak disarankan untuk anak-anak atau orang tua.

9. Air Terjun Kabigan

Kota Pagudpud terkenal memiliki salah satu pantai seputih salju terbaik di Filipina, tetapi tidak hanya kuda poni satu trik. Olahraga air terjun luar biasa yang tingginya hampir 100 kaki, itu adalah keajaiban alam lain yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berada di daerah tersebut.

Kolam renang di pangkalan musim gugur adalah oasis santai yang cocok untuk berenang, piknik, atau sekadar sore yang santai sambil membaca buku. Gabungkan air terjun dan pantai untuk membuat hari yang tidak akan Anda lupakan.

10. Air Terjun Pagsanjan

Kaskade populer lainnya adalah Air Terjun Pagsanjan, dekat Cavitini di Provinsi Laguna. Salah satu atraksi utama di kawasan ini, air terjun tiga tingkat dapat dicapai dengan sampan kano asli, atau, jika kedengarannya agak ekstrem, dimungkinkan untuk mendaki dan keluar dari Cavitini.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan opsi sebelumnya, luangkan waktu Anda untuk meminta rekomendasi, karena Anda akan menginginkan panduan berpengalaman yang dapat membawa Anda keluar masuk dengan aman. Bagian tertinggi musim gugur adalah hampir 400 kaki. Air terjun, ngarai, dan sekitarnya dijadikan taman nasional di tahun 70-an.


Related articles